Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Content Creator Tiktok yang Hasilkan Uang

Cara Menjadi Content Creator Tiktok yang Hasilkan Uang

Cara Menjadi Content Creator Tiktok yang Hasilkan Uang

Ujwarfirdaus.com – Saya masih ingat, dulu banget, menjadi content creator Tiktok itu terasa mustahil bagi saya. Bayangkan saja, alat-alat nggak punya. Kamera HP burik. Ruangan kamar kos juga nggak ada estetik-estetiknya. Pokoknya, minus banget deh. 

Untungnya, saya mencoba untuk melawan berbagai ketakutan. Hingga mulai menjadi content creator di Tiktok pada tahun 2021. Bahkan sebelum saya aktif menjadi content creator di Instagram, saya justru ngonten di Tiktok dulu. Dan ya, selama beberapa bulan ngonten, ada konten saya yang meledak, views-nya sampai 500 ribu. Dari sana, saya akhirnya ngonten sampai memiliki 40+ Ribu followers di niche tips nulis. Muncul pula berbagai peluang penghasilan dari mulai endorsement, buka kelas nulis, affiliate, dan lain-lain.

Tiktok Ujwar Firdaus

Mungkin, kamu penasaran juga, bagaimana cara saya menjadi content creator di Tiktok? Mari kita bahas satu-satu. 

Pertama, Mulai Saja Dulu

Kalau kamu belum punya kamera bagus atau HP berkamera bagus, jangan dulu menyerah. Untuk menjadi content creator di tiktok, kita bisa memulai dari sesuatu yang kita punya. Faktanya, dulu saya memulai konten menggunakan salah satu HP dengan kamera burem. Saya tidak memiliki lighting. Saya juga tidak memiliki ruangan yang bagus. 

Kuncinya ya, mulai saja dulu. Kelak, kalau akunmu berkembang, akan ada waktunya kamu meng-upgrade peralatan yang kamu punya. Nikmati proses menjadi content creator dari nol. Oh iya, jangan bandingkan prosesmu dengan yang lain juga. Karena pasti prosesnya beda.

Kedua, Pilih Jenis Konten

Pemilihan jenis konten ini penting guys. Kalau tujuannya uang, pastikan konten yang dipilih itu konten yang berpeluang besar untuk dapetin itu. Yang saya lihat, konten yang lebih fleksibel dengan banyak brand biasanya konten lifestyle, hiburan (contoh komedi), dan fashion.  Kalau kamu ada ketertarikan di tiga jenis konten itu, mungkin bisa mulai bisa memilih salah satunya.

“Tapi Kak, aku nggak tertarik sama ketiganya!”

Kalau begitu, ikuti kata hati saja. Seperti saya. Saya memilih konten tips menulis meskipun segmennya sangat sempit. Tapi karena saya memiliki passion yang besar di bidang itu, akhirnya saya memilih jenis konten itu. Dari segi income, mungkin bisa dikatakan kurang, bahkan jarang sekali dapet endorsment. Tapi di sisi lain, sebenarnya ada banyak peluang yang bisa dikembangkan. Pintar-pintarnya kita saja mengelola akun kita. 

Ketiga, Konsisten Bikin Konten

Ingat, bekerja sebagai content creator itu bukan perkara mudah. Yang paling penting adalah konsistensi dalam membuat video. Dulu, saya membuat video tiktok setiap hari. Sampai kemudian, baru di video ke-60-an, konten saya ada yang viral. So yeah, nikmati prosesnya. Jangan lupa juga untuk tetap riset mengenai cara penyampaian yang disukai penonton.

Dalam proses ini, kamu juga dituntut untuk menemukan ciri khas dirimu. Kadang, konten yang naik ke publik juga ada pengaruh dari ciri khas yang disukai penonton. Entah cara berbicara, konsep video, dan lain-lain. Coba lihat di tiktok, banyak orang yang viral karena personalnya yang unik.

Keempat, Jangan Mikirin Uang

Tujuan kita menjadi content creator tiktok salah satunya memang untuk menghasilkan uang. Setuju kan? Tapi, pemikiran soal menghasilkan uang justru harus disingkirkan dulu. Kenapa? Soalnya kadang bukan menghasilkan (apalagi di awal-awal), tapi justru banyak yang dikorbankan. Dari mulai waktu, tenaga, hingga uang itu sendiri. 

Yang justru harus dipikirkan adalah: seberapa besar konten kita bermanfaat? Seberapa besar konten kita berdampak untuk orang lain? Seberapa penting konten ini untuk diketahui masyarakat? Dan pertanyaan itu akan selalu kita pegang sampai kapan pun. Dari sanalah cikal-bakal peluang penghasilan itu ada. Percaya atau tidak, kebaikan yang kita hasilkan selalu mendatangkan kebaikan lain. Salah satunya tentang penghasilan tadi.

Kelima, Terus Belajar 

Banyak sekali ilmu-ilmu di luar sana yang bertebaran. Dari mulai ilmu tentang mengedit video, public speaking, menulis, dan lain-lain, yang akan bermanfaat untuk perkembangan akun kita. Ilmu-ilmu itulah yang kelak akan mengantarkan kita untuk sukses. Semakin kita memiliki banyak ilmu, semakin banyak yang bisa kita terapkan di akun kita. Semakin banyak ilmu yang kita dapat, semakin banyak pula yang bisa kita bagikan. 

Satu lagi, komunitas! Komunitas bisa membantu kita untuk terus semangat dan saling support. Jika di daerahmu ada komunitas content creator tiktok, cobalah bergabung, ambil ilmu-ilmu dari orang-orang di dalamnya.

So, itulah Cara Menjadi Content Creator di Tiktok yang Hasilkan Uang. Semua yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi. Semoga yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Oh iya, kalau ada yang mau request pembahasan, tulis saja di kolom komentar yaaa.


Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Content Creator Tiktok yang Hasilkan Uang"