Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Naik Pesawat dari Indonesia ke Malaysia Lengkap, Menggunakan Batik Air

Cara Naik Pesawat dari Indonesia ke Malaysia Lengkap, Menggunakan Batik Air

Twin Tower Kuala Lumpur Malaysia
Dokumen Pribadi

Ujwarfirdaus.com – Sekitar awal bulan Desember lalu, saya pergi ke Malaysia. Namun, hal pertama yang tebersit di pikiran saat rencana itu terpikirkan adalah: bagaimana cara naik pesawat dari Indonesia ke malaysia? Apakah gampang?

Untuk orang yang baru pertama kali melakukan sesuatu atau pergi ke suatu tempat, pasti pemikiran semacam itu akan selalu ada. Akan ada semacam rasa gugup juga karena tidak tahu proses dari awal sampai akhir. Itu pula yang saya rasakan pada saat itu. Hingga kemudian, saya mulai mencari tahu dari internet dan bertanya banyak hal kepada orang lain yang pernah melakukan perjalanan ke luar negeri.

Saya yakin, kegugupan yang saya rasakan mungkin akan teman-teman rasakan juga ketika akan pergi ke luar negeri. Maka dari itu, saya akan memberikan tata cara naik pesawat dari Indonesia ke Malaysia lengkap, menggunakan Batik Air. 

Lantas, bagaimana prosesnya?

Pertama, datang ke terminal tempat pesawat berada.

Di Soekarno Hatta International Airport, ada tiga terminal yang beroperasi. Setau saya, setiap terminal punya tujuan masing-masing. Ada untuk tujuan domestik (antar kota di Indonesia), ada pula tujuan pemberangkatan internasional. Nah, kebetulan, tempat Batik Air (Lion Grup) untuk tujuan internasional ada di terminal 2F. Maka, saya pun datang ke terminal 2F.

Dari sini, kita sudah bisa menyimpulkan bahwa ketika ingin pergi ke suatu tempat, kita tidak bisa asal datang ke Bandara Soekarno Hatta. Kita harus tahu dulu terminal tempat pesawat kita akan berangkat. Data terminal ini bisa dicari di internet. Atau kalau membeli tiket secara online, biasanya data terminal sendiri sudah tercatat di tiket.


Pada saat itu, saya menggunakan travel dari Bandung ke Bandara Soekarno Hatta. Travel ini mengantar saya langsung sampai pintu terminal 2F. Jadi ketika sampai di sini, saya hanya tinggal masuk untuk melakukan check-in.

Kedua, Check In.

Saat masuk ke dalam terminal 2F, kita akan dihadapkan dengan berbagai tempat untuk check in. Ada berbagai nama pesawat yang berjejer. Nah, kita tinggal datang saja ke konter check in berdasarkan pesawat kita. Kalau Baik Air tidak selalu tertulis Batik Air, tetapi tertulis LION Grup. Lucunya, saya juga sempat kepusingan karena tidak ada tulisan ‘Batik Air’ di loket yang ada. Sampai kemudian saya bertanya ke petugas. Kata petugas, Batik Air masih satu grup dengan Lion, maka untuk check in bisa dilakukan di konter Lion Air. 

Konter Check In

Jika sudah menemukan konter yang sesuai dengan pesawat, kita tinggal mengantre untuk melakukan check in. Usahakan datang lebih awal jika tidak mau antreannya panjang. Sebab mengantre juga membutuhkan cukup banyak waktu.

Saat check in, kita akan dimintai data tiket yang telah kita pesan, ktp, juga penyerahkan bagasi jika kita bawa koper besar. Jika kita hanya membawa barang maksimal 7kilogram, maka tidak harus menyerahkan bagasi. Tas kita bisa disimpan di cabin pesawat.

Setelah proses check in selesai, kita akan mendapatkan selembar kertas berisi data pesawat, nomor kursi, dan lain-lain. Selembar kertas itu bernama boarding pass. Kalau sudah mendapatkan kertas ini, kita sudah tenang, tinggal datang ke bagian imigrasi.

Ketiga, datang ke bagian imigrasi.

Setelah check in, kita hanya tinggal beralih ke bagian imigrasi. Masih di sekitar sana kok. Intinya kalau ada tulisan Imigrasi, kamu tinggal datang ke sana. Di sana, kita akan antre untuk pengecapan paspor. Jangan lupa, siapkan boarding pass dan paspor yaa. Anyway, di area sini tidak boleh mengambil gambar. Jadi saya tidak memiliki dokumentasi.

Nah, di situasi ini, kita akan ditanya oleh petugas imigrasi tujuan datang ke luar negeri. Jelaskan saja tujuannya sesuai dengan yang sudah direncanakan. Petugas imigrasi biasanya akan mengajukan berbagai pertanyaan. Dari mulai lamanya berlibur, tempat tinggal selama di Malaysia, tempat yang akan dikunjungi dan lain-lain. Pengalaman saya sendiri, petugas imigrasi bahkan bertanya soal tiket kepulangan beserta data check in hotel. Nah, kita harus jelaskan sedetail mungkin. Jika sudah, paspor kita akan dicap.

Keempat, datang ke tempat pemeriksaan dan Gate.

Setelah selesai di bagian imigrasi, kita akan diarahkan ke tempat pemeriksaan. Jangan khawatir, akan ada tulisan di sepanjang kita berjalan. Kita tinggal ikuti tulisan yang juga ada tanda panahnya. Nah, di tempat pemeriksaan ini, barang-barang bawaan kita akan diperiksa. Takut-takut membawa barang yang membahayakan. 


Waktu itu, saya juga sempat bingung di bagian ini. Apa yang harus saya lakukan? Akhirnya saya mengikuti apa yang wisatawan lain lakukan. Yaitu mengambil kotak yang sudah disediakan dan memasukkan barang kita ke kotak (seperti tas, hp, jam tangan). Kemudian kotak itu diletakkan di mesin x-tray untuk diperiksa. Kita sendiri akan diperiksa oleh petugas. Jika masih ada barang yang menempel, akan ada bunyi tertentu. Dulu, saya sempat lupa melepaskan jam tangan, akhirnya ada bunyi saat saya melewati metal detector.

Kelima, datang ke Gate.

Kalau sudah selesai diperiksa, kita tinggal datang ke gate tempat pesawat kita akan terbang. Data gate itu ada di boarding pass tadi. Pastikan boarding pass tidak hilang ya. Data apa pun ada di sana, termasuk kursi.

Perlu diketahui bahwa gate itu ada beberapa. Ada gate 1, gate 2 dan seterusnya. Silakan masuk ke gate yang sesuai dengan yang tertera di boarding pass supaya tidak salah naik pesawat.

Kalau sudah masuk ke gate pemberangkatan, kita tinggal tunggu pesawatnya berangkat. Jika waktu pemberangkatan tiba, petugas akan membimbing para penumpang untuk segera masuk ke pesawat. Oh iya, waktu keberangkatan tidak selalu tepat waktu. Mungkin bisa delay. So yeah, pastikan kamu melihat data keberangkatan di layar yang ada di sekitar gate. Biasanya waktu keberangkatan dan nomor pesawat akan tertera di sana.

Keenam, naik pesawat.

Nah, kita tinggal naik pesawat jika sudah waktunya. Saat di depan pintu pesawat, petugas juga akan memeriksa Boarding Pass kita. Jadi, pastikan kamu sudah menyiapkannya. 

Setelah masuk ke pesawat, kamu tinggal cari nomor kursi. Kalau sudah menemukan nomor kursi, tinggal duduk. Oh iya, saat turun dari pesawat di Kuala Lumpur International Airport, kita harus pergi ke bagian imigrasi lagi untuk pemeriksaan dan pen-cap-pan paspor. 

Ketujuh, Imigrasi dan pengambilan bagasi.

Setelah turun dari pesawat, yang pertama kali harus kita cari adalah bagian imigrasi. Seperti biasa, ikuti tanda yang ada di bandara. Biasanya ada tulisan dan panah arah. Tinggal jalan saja terus. Proses dari sini agak lama karena Kuala Lumpur International Airport rasanya lebih luas. Kita harus berjalan terus sampai menemukan imigrasi ini. Kalau merasa bingung, jangan sungkan untuk bertanya ke petugas. Ingat, malu bertanya, sesat di jalan, hehe.

Seperti biasa, di imigrasi akan ditanyakan banyak hal. Jawab saja dengan santai dan tegas. Jangan takut. Terutama karena tujuan kita ke Malaysia bukan untuk berbuat hal illegal.

Jika sudah selesai, kita tinggal datang ke tempat pengambilan bagasi. Tempat pengambilan bagasi ini banyak. Cari saja tempat bagasi yang tertera nomor pesawat kita beserta data keberangkatan di layar besar. Kalau sudah tepat, tinggal tunggu bagasinya keluar di mesin berjalan.  Kalau sudah keluar, ambil deh. Sampai sini, prosesnya sudah selesai dari awal sampai akhir. Kita tinggal keluar dari area Bandara.

Bagaimana? Prosesnya panjang ya? So, itulah cara naik pesawat dari indonesia ke Malaysia Lengkap, menggunakan Batik Air. Stt, tips ini tidak hanya untuk pesawat Batik Air ya. Pesawat apa pun bisa. Yang harus diperhatikan pertama kali adalah terminal keberadaan pesawat. Batik Air ada di 2F, sementara pesawat lain belum tentu terminalnya sama. Selebihnya, semua proses dari awal sampai akhir tidak jauh berbeda. 

Selamat berlibur guys.


Posting Komentar untuk "Cara Naik Pesawat dari Indonesia ke Malaysia Lengkap, Menggunakan Batik Air"